Makanan Khas Korea

KIMCHI

Kimchi adalah makanan fermentasi yang berasal dari sayuran, utamanya sawi, lobak dan ketimun. Setidaknya ada satu jenis kimchi yang disajikan bersama banchan pada sepanjang tahunnya. Kimchi juga adalah bahan dasar utama dalam berbagai resep masakan Korea.Dan makanan ini yang biasanya sering mampang di drama-drama korea.

BIBIMBAP



Bibimbap atau Bibimbab adalah makanan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan sambal gochujang. Namanya secara harafiah berarti "nasi campur" dari kata 비빔 (campur) dan 밥 (nasi). Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu.
Bibimbap yang dihidangkan dalam mangkuk dari batu yang sudah dipanaskan disebut Dolsot Bibimbap (돌솥 비빔밥, "dolsot" berarti "mangkuk batu"). Panas dari mangkuk batu akan mematangkan telur mentah yang diletakkan di atas nasi sebagai lauk. Sebelum nasi dimasukkan, minyak wijen dituangkan di dasar mangkuk batu agar terbentuk lapisan kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuk.

GALBI

Galbi atau Galbi-gui adalah masakan Korea berupa daging iga sapi panggang yang dipotong pendek-pendek.Dalam bahasa Korea, galbi berarti iga (short ribs) atau daging yang ada di sekitar tulang iga. Terkadang, makanan ini juga bisa dibuat dengan memakai iga babi. Galbi bisa dibumbui atau dimasak tanpa bumbu. Bila dibumbui, biasanya daging iga direndam di dalam saus yang terbuat dari sari buah pir asia, arak beras, kecap asin, bawang putih, minyak wijen, dan gula. Saus ini bisa dibuat lebih pedas atau lebih jernih sesuai selera.

HOE

Hoe (diucapkan [hø~hwe]) adalah istilah umum untuk berbagai makanan Korea berupa potongan terbaik ikan segar atau daging yang tidak dimasak. Saengseon hoe (생선회,生鮮膾) adalah irisan tipis daging ikan segar atau makanan laut lainnya (serupa dengan sashimi). Yukhoe (육회,肉膾) adalah daging sapi mentah yang diberi bumbu kecap asin, gochujang, minyak wijen, dan arak beras.

BULGOGI


Bulgogi (bahasa Korea: api, dan 고기 daging) adalah masakan daging asal Korea. Daging yang digunakan antara lain daging sirloin atau bagian daging yang bagus dari seekor sapi.
Bumbu bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula ditambah bumbu lain bergantung pada resep dan daerahnya di Korea. Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersama kimchi, bawang putih, atau penyedap lain sesuai selera.
Di Jepang, makanan yang sejenis disebut Yakiniku. Dibandingkan dengan Yakiniku, bumbu daging untuk bulgogi dibuat lebih manis. Air pada bumbu cukup banyak sehingga daging tidak dipanggang di atas plat besi (teppan), melainkan di atas panci datar.

JEONGOL

Jeongol adalah makanan Korea berupa berbagai sup yang direbus di dalam panci besar, dan dihidangkan di tengah-tengah meja untuk dimakan bersama. Dibandingkan dengan jjigae yang hanya berisi satu jenis bahan utama, bahan untuk isi jeongol biasanya jauh lebih beragam.Berbeda dari jjigae yang bermula dari makanan rakyat, jeongol seperti halnya gujeolpan bermula dari makanan untuk kalangan bangsawan atau anggota keluarga kerajaan.
Makanan ini biasanya berisi irisan daging sapi, jeroan, berbagai jenis makanan laut, dan ditambah berbagai jenis sayuran, jamur, dan bumbu-bumbu lain. Semua bahan direbus bersama di dalam panci dangkal untuk memasak jeongol yang disebut jeongolteul (전골틀). Makanan ini umumnya dibuat pedas karena diberi bumbu gochujang dan bubuk cabai. Selain itu, jenis kaldu yang digunakan untuk merebus bergantung kepada bahan utama yang menjadi isi sup.

NAENGMYEON

Naengmyeon (냉면;"mie dingin") adalah masakan Korea yang terbuat dari mie gandum yang disajikan dengan kuah kaldu sapi dingin. Naengmyeon adalah salah satu masakan Korea yang paling digemari pada saat hari-hari musim panas walaupun sebenarnya, pada awalnya dinikmati pada saat musim dingin. Pada saat ini naengmyeon telah menjadi masakan Korea Utara yang paling populer di Korea Selatan.

GIMBAP


Bahan dasar gimbap adalah nasi, daging, sayuran yang diacar atau yang masih segar. Secara tradisional nasi dibumbui dengan garam dan minyak wijen atau minyak perilla. Isinya pun beragam, mulai dari ikan, daging kepiting, telur atau daging iga sapi yang dibumbui. Sedangkan bahan sayuran adalah ketimun, bayam, wortel dan danmuji (acar lobak).
Gimbap dipilih sebagai makanan terfavorit dari 100 jenis masakan Korea oleh orang asing.


YAKSIK


Yaksik atau yakbap (secara harfiah berarti "makanan obat" atau "nasi obat") adalah jenis dari tteok atau kue beras yang terbuat dari ketan yang dikukus dan dicampur dengan kacang berangan, jujube dan kacang cemara, lalu diberi madu atau gula pasir merah, minyak wijen, kecap dan kadang-kadang kayu manis. Yaksik biasanya dimakan pada hari raya Jeongwol Daeboreum (정월대보름), atau bulan purnama pertama pada kalender lunar.

SONGPYEON


Songpyeon (송편) adalah jenis kue beras dari Korea (tteok) yang terbuat dari adonan tepung beras yang dibentuk menyerupai bulan sabit dan dikukus. Songpyeon terdiri dari yang berisi atau tidak ada isi.Isi songpyeon dapat berupa saus kacang merah, kacang kedelai, chestnut, jujube, dan wijen.Saat songpyeon dikukus, ditambahkan duri cemara di atasnya yang dimaksudkan agar kue tidak saling lengket, selain itu duri cemara akan membuat rasa kue songpyeon lebih enak.Songpyeon disajikan pada hari khusus yakni di hari raya Chuseok atau pesta panen setiap bulan September.Pada hari tersebut keluarga di Korea memberi persembahan makanan dan minuman kepada arwah nenek moyang di altar, dan kue songpyeon adalah salah satu jenis makanan yang dihidangkan.Kue ini dibuat bersama-sama oleh sebuah keluarga dan kemudian dibagi-bagikan kepada kerabat dan tetangga.

YEOT


Yeot (엿) adalah jenis permen dan pemanis tradisional khas Korea yang biasa dilapiskan pada bahan kue-kue.Yeot diperkirakan telah dibuat oleh masyarakat Korea sejak zaman kuno. Orang Korea menggunakan yeot sebagai pemanis sekaligus sebagai makanan ringan, sekaligus oleh-oleh yang biasa diberikan kakek dan nenek kepada cucu-cucunya.Yeot populer sebagai manisan yang diberikan kepada pelajar yang akan mengikuti ujian. Dalam bahasa Korea, ada istilah "lengket dengan ujian", maka pelajar di Korea akan diberikan permen yeot yang lengket agar mereka lulus ujian.Oleh karena itu selama masa ujian, banyak dijual yeot di jalanan.

DASIK

Dasik (다식) adalah jenis kue tradisional Korea yang dibuat dengan cara ditekan menggunakan cetakan. Kue ini disajikan pada acara-acara khusus seperti pada perayaan ulang tahun ke-60 (hwangap) atau acara pernikahan. Selain itu kue ini juga disajikan pada upacara-upacara ritual kepada arwah nenek moyang pada saat hari besar seperti Seollal dan Chuseok bersama makanan dan minuman lain.
Dasik terbuat dari campuran adonan tepung kacang tanah, wijen, chestnut, sirup dan madu.Adonan dasik dicetak dengan cara ditekan menggunakan cetakan berpola untuk membentuk pola-pola yang dianggap melambangkan kesehatan dan kemakmuran.

YAKGWA

Yakgwa (약과) adalah jenis kue tradisional khas Korea (hangwa) yang terbuat dari tepung gandum, madu dan minyak wijen.Kue ini biasa disajikan pada saat perayaan acara-acara penting dalam masyarakat Korea.Sejarahnya, kue ini telah dibuat sejak zaman Dinasti Goryeo (935-1397) dan tertulis dalam dokumen-dokumen kuno.Kue ini dianggap istimewa dan digunakan oleh raja dalam upacara persembahan di kuil Buddha. Di Cina, yakgwa dikenal dengan nama Goryeobyeong (kue Goryeo).Pada masa tersebut yakgwa dibuat berbentuk burung, karper atau buah-buahan.Pada masa Dinasti Joseon (1397-1910), kue ini dibuat berbentuk krisan yang lebih sederhana untuk tujuan ritual persembahan.Di zaman tersebut, yakgwa yang terbuat dari bahan-bahan seperti gandum, madu dan minyak wijen, dianggap mewah bagi rakyat kebanyakan sehingga pada suatu waktu saat harga barang naik dan menyebabkan rakyat kelaparan, kue ini dilarang dibuat.
Posted on 10:30 PM by xrootboy and filed under | 0 Comments »

0 Komentar:

Post a Comment